Abrasi Kornea

Penyakit abrasi kornera merupakan salah satu permasalahan pada mata yang terjadi ketika adanya goresan di permukaannya. Disebutkan bahwa kornea merupakan lapisan bening yang berupa cairan dan berfungsi sebagai “perisai” sekaligus juga memberikan fokus yang tepat agar cahaya jauh tepat pada retina. Beberapa benda asing seperti debu, kotoran, serangga kecil hingga pasir yang masuk ke dalam mata dan tidak ditangani secara langsung bisa memicu permasalahan ini.

Secara umum, penyakit abrasi kornea ini bisa saja terjadi pada siapapun dan pastinya juga muncul secara tiba–tiba di kala melakukan berbagai aktivitas sehari–hari seperti halnya menyetir, memperbaiki suatu barang hingga kebiasaan yang secara tidak sengaja memukul kornea. Dengan memperhatikan adanya faktor penyebab, ke depannya, permasalahan ini bisa diatasi dengan segera.

Gejala Abrasi Kornea

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa penyakit abrasi kornea ini disebabkan ketika ada benda asing yang tiba–tiba masuk ke dalam mata. Selanjutnya, mata akan menjadi memerah hingga muncul perasaan yang sensitive terhadap suatu cahaya. Dalam beberapa waktu, bisa jadi akan menyebabkan buram pada penglihatan hingga kondisi ini mengarah pada abrasi kornea. Hal lain yang menjadi gejala awal atas permasalahan ini diantaranya adalah:

  1. Adanya iritasi yang disertai dengan perasaan yang panas pada mata. Kondisi ini biasa membuat mata menjadi berair dan juga memerah
  2. Penglihatan yang secara tiba–tiba mengalami gangguan
  3. Pergerakan otot yang ada di sekitar mata secara terus–menerus

Lakukan konsultasi ke dokter jika gejala penyakit abrasi kornea seperti yang tersebut di atas dirasakan dalam beberapa saat. Selain itu, pada kasus orang dewasa, gejala bisa terjadi di kala orang tersebut gagal dalam mendapatkan benda asing yang masuk ke mata atau munculnya perasaan menyembul pada mata. Sedangkan pada anak–anak bisa didapati gejala mata yang berair dan memerah dalam waktu yang cukup lama.

Penyebab Abrasi Kornea

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa penyebab munculnya penyakit abrasi kornea pada seseorang disebabkan oleh banyak hal yang cukup variatif. Dalam hal ini, beberapa penyebab umum diantaranya adalah partikel pasir hingga debu yang masuk bisa menyebabkan goresan pada kornea mata. Selain itu, asap rokok ataupun penggunaan lensa dalam waktu yang lama juga menjadi pemicu awal penyebab seseorang mengalami abrasi kornea.

Penanganan Abrasi Kornea

Jika seseorang mengalami penyakit abrasi kornea, maka beberapa penanganan yang mungkin bisa dilakukan bisa merujuk pada tindakan medis maupun nonmedis. Untuk tindakan medis, maka akan dilakukan pemberian tetes mata ataupun salep yang memiliki kandungan steroid demi mengurangi peradangan. Sedangkan untuk tindakan nonmedis dilakukan dengan menggunakan kaca mata pelindung hingga beristirahat untuk membuat mata lebih rileks.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.