Acanthosis Nigricans

Salah satu jenis penyakit pada kulit adalah Acanthosis Nigricans dengan munculnya gejala kulit menjadi tebal, gelap, dan seperti beludru pada bagian lipatan. Biasanya masalah pada kulit ini terjadi di pangkal paha, leher, dan ketiak. Sehingga harus diperhatikan dengan baik, agar tidak sampai menjadi semakin parah kondisinya.

Gejala Acanthosis Nigricans

Gejala dari acanthosis nigricans merupakan sebuah perubahan warna kulit. Kulit yang terperngaruh biasanya akan berbau ataupun terasa gatal. Kemudian perubahan kulit ini biasanya terjadi dilipatan kulit dan daerah tubuh seperti ketiak, lipatan paha, bagian belakang leher, siku, lutut, buku-buku jari, telapak tangan, telapak kaki.

Penyebab Acanthosis Nigricans

Ada beberapa penyebab terjadinya penyakit ini yaitu kelainan hormon, resistensi insulin, penggunaan suplemen tertentu seperti pil KB, niacin, suplemen pembentuk tubuh, dan obat-obatan steroid. Dengan faktor risikonya adalah riwayat keluarga yang mungkin pernah mengalami penyakit ini sebelumnya dan adanya masalah obesitas yang perlu untuk Anda waspadai.

Anda perlu memperhatikan dengan baik bahwa jenis penyakit ini bisa djiadikan sebagai salah satu indikasi perkembangan kanker pada organ dalam misalnya perut atau hati. Sehingga jangan sampai menyepelekan penyakit ini karena memang risikonya serius. Penting untuk Anda melakukan tindakan yang tepat sesuai dengan anjuran dokter untuk mengatasi masalah penyakit ini.

Orang dengan kondisi resistensi insulin memang lebih rentan untuk terkena masalah kulit yang satu ini. Karena penderita Acanthosis Nigricans biasanya sudah kebal dengan insulin. Selain itu, konsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan masalah kulit ini terjadi dan semakin menjadi. Maka sangat penting bagi Anda untuk menanyakan pada dokter adanya efek samping obat yang dikonsumsi.

Selain itu, perkembangan penyakit Acanthosis Nigricans bisa disebabkan oleh adanya gangguan hormon misalnya penderita gangguan kelenjar adrenal, kista ovarium, dan tiroid yang kurang aktif. Sehingga Anda yang mengalami hal tersebut harus memperhatikan dengan baik mengenai risiko perkembangan penyakit Acanthosis Nigricans agar bisa dilakukan tindakan pencegahan secara optimal.

Pengobatan Acanthosis Nigricans

Tidak banyak pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit ini. Hal yang bisa Anda lakukan adalah melakukan penurunan berat badan, menghentikan konsumsi obat atua suplemen yang menyebabkan perkembangan penyakit, dan melakukan tindakan operasi. Sehingga dengan begitu masalah yang terjadi bisa diminimalisasi dengan baik, tanpa menimbulkan gangguan kesehatan lainnya yang mengganggu Anda dalam beraktivitas.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.