Vitiligo

Penyakit vitiligo merupakan penyakit yang dapat membuat warna pada kulit menjadi memudar. Penyakit tersebut tidak hanya terjadi pada kulit namun pada mulut, mata, serta rambut yang memudar warnanya. Penyakit ini merupakan penyakit yang bisa berlangsung dalam jangka waktu yang panjang atau kronis. Rasio orang yang terkena penyakit ini adalah 1 banding 100 dan bisa menyerang semua orang.

Pada umumnya, penyakit tersebut menyerang pada usia 20 tahun dan akan terlihat lebih jelas pada orang yang berkulit hitam atau gelap. Penyakit vitiligo bukanlah suatu penyakit yang mematikan dan menular namun tidak dapat disembuhkan. Biasanya penyakit ini bisa terjadi karena efek dari penyakit lainnya.

Gejala

Gejala utama dari penyakit vitiligo yaitu dengan adanya bercak pada kulit yang pigmennya lebih muda dari kulit dan lama–lama akan memudar atau memutih. Bercak tersebut akan muncul pada bagian yang sering terkena sinar matahari seperti bibir, muka, tangan dan kaki dan menjalar ke bagian tubuh lain.

Saat penyakit vitiligo ini terjadi pada rambut, janggut, alis, serta bulu mata makan pigmen pada daerah tersebut akan hilang. Hal serupa akan terjadi juga saat penyakit tersebut menyebar pada bagian dalam mulut, area kelamin, atau hidung sekalipun. Hilangnya pigmen juga biasanya disertai dengan gatal dan sakit bahkan bisa sampai muncul ruam saat terkena sinar matahari.

Penyebab

Penyebab utama penyakit vitiligo merupakan hilangnya pigmen pada kulit, rambut dan mata. Sel di dalam tubuhnya berhenti untuk memproduksi pigmen yang mengakibatkan pigmen warna kulit menjadi putih. Penyebab lain yaitu adanya penyakit autoimun dimana sel yang seharusnya melawan infeksi malah menyerang sel yang sehat seperti sedang membunuh kuman. Hal tersebutlah yang membuat sel berhenti memproduksi pigmen pada tubuh.

Penanganan

Penanganan penyakit vitiligo memang masih belum bisa ditemukan namun ada obat yang bisa membuat penyebaran penyakit menjadi melambat atau berhenti. Penyakit ini biasanya diturunkan melalui gen sehingga bisa diantisipasi sejak kecil. Obat yang biasa digunakan yaitu krim kortokosteroid yang merupakan obat luar untuk vitiligo di daerah yang kecil.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.