Abses Ginjal

Infeksi atau abses ginjal tentunya menjadi hal yang perlu untuk diperhatikan dengan baik. Adanya kondisi ini bisa menyebabkan adanya darah atau nanah pada urin. Memang wanita lebih memiliki risiko mengalami abses ginjal dibandingkan para pria. Biasanya muncul abses ginjal ini terjadi karena adanya infeksi kandung kemih sebelumnya.

Gejala Abses Ginjal

Ada beberapa gejala yang perlu diperhatikan dengan baik yaitu darah atau nanah dalam urin, demam, lemas, tidak nafsu makan, mual, diare, dan sakit pinggang atau nyeri punggung. Namun memang pada anak-anak dan lansia terkadang tidak memberikan tanda yang jelas untuk perkembangan penyakitnya. Sehingga memang perlu adanya perhatian khusus.

Penyebab Abses Ginjal

Beberapa faktor risiko lain yang perlu untuk diperhatikan adalah sembelit terutama pada anak-anak, kelainan saluran kemih, sistem kekebalan tubuh yang menurun, kerusakan saraf pada kandung kemih, penyakit sulit buang air kecil, dan menderita prostatitis atau infeksi pada kelenjar prostat. Sehingga berbagai kondisi tersebut harus diperhatikan dan dihindari sebaik mungkin.

Mengobati Abses Ginjal

Cara yang paling mudah untuk mengatasi abses anal adalah mengonsumsi air putih yang banyak untuk menghilangkan bakteri di ginjal, serta meminimalisasi kondisi dehidrasi pada tubuh. Jika Anda merasakan nyeri bisa menggunakan bantal hangat yang ditempelkan pada bagian punggung, perut, atau pinggang untuk mengurangi rasa nyeri tersebut.

Pastikan Anda melakukan pengosongan kandung kemih dengan baik dan jangan membiasakan untuk menahan kencing terlalu lama. Dengan begitu, kesehatan pada kandung kemih dan ginjal juga akan lebih optimal terjaga. Istirahat cukup juga akan membantu untuk mengurangi efek atau risiko dari abses anal ini untuk perlu Anda perhatikan dengan baik agar tidak menimbulkan kondisi lebih parah.

Perawatan secara lebih intensif akan diperlukan jika sampai terjadi pada kondisi dehidrasi, kondisi Anda tidak membaik meskipun sudah mengonsumsi obat, munculnya gejala sepsis, nyeri yang parah di bagian pinggang atau perut dan penyakit seperti diabetes, ginjal, atau liver. Sehingga Anda harus segera mengambil tindakan jika merasakan beberapa gejala tersebut pada tubuh Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.