Manfaat Belimbing Wuluh

Manfaat Belimbing WuluhManfaat belimbing wuluh dikenal dengan rasanya yang masam namun menyegarkan sehingga banyak orang memanfaat buah ini sebagai bahan makanan seperti rujak dan campuran sambal. Belimbing wuluh termasuk jenis varietas berbeda dari buah belimbing. Maka dari itu, belimbing wuluh tidak besar mirip buah belimbing, besarnya hanya sekitar ibu jari orang dewasa. Rasanyapun berbeda belimbing buah.

Kandungan Gizi/Vitamin

Belimbing wuluh sudah lama digunakan sebagai bahan masakan untuk menghasil rasa masam yang alami. Rasa masam yang nikmat untuk dijadikan kudapan seperti rujak atau asinan. Namun, selain itu belimbing wuluh memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan. Buah ini mengandung banyak sekali vitamin C dan juga digunakan sebagai obat tradisional.

Belimbing wuluh dapat mengobati penyakit seperti batuk, sakit gigi dan gejala penyakit diabetes. Hal tersebut karena di dalam buah ini terdapat kandungan unsur alami , antara lain :

glukosid, tanin, cita-citam format, peroksida, saponin, kalsium oksalat, sulfur, dan kalium sitrat.

Selain itu Belimbing wuluh merupakan tanaman multi-guna untuk kesehatan terutama pada daun, batang, buah, dan bunganya mampu dijadikan sebagai bahan ramuan obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Lebih singkatnya beberapa manfaat tersebut adalah :

1. Mengobati batuk

Batuk pada anak-anak dan Balita

caranya : 3 butir belimbing wuluh, beberapa butir adas, dan gula secukupnya ditambah satu cangkir air. Dicampur seperti membuatnasi Tim selama beberapa jam. Setelah dingin disaring dengan kain dan dibagi untuk dua kali minum, pagi dan malam ketika perut masih kosong.

khusus untuk batuk rejan – caranya : ambil sebanyak 10 buah belimbing wuluh dicuci bersih, remas dengan dua sendok air garam. kemudian saring dan minum dua kali sehari.

2. Mengatasi diabetes

6 buah belimbing wuluh dilumatkan lalu direbus dengan segelas air sampai sisa separuhnya. saring dan minum dua kali sehari. zat asam yang terkandung dalam buah ini sangat ampuh untuk membantu menghilangkan serta menekan kadar dalam darah.

3. Obat sakit gigi

Untuk obat sakit gigi, caranya cukup mudah yaitu dengan menumbuk belimbing dan menaburkannya pada gigi yang berlubang.

4. Mengobati jerawat

Belimbing wuluh bagus untuk menghilangkan dan mengempeskan jerawat yang sedang membandel, zat asam yang terdapat pada belimbing mungkin akan memperlihatkan efek sedikit sakit bagi jerawat aktif. Namun kandungan antioksidan dalam buah ini dapat membantu mengerutkan dan mensamarkan jerawat yang terdapat pada wajah.

5. Mengobati panu

Panu adalah salah satu jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur, belimbing wuluh memiliki sifat anti jamur yang sangat ampuh untuk membantu dalam menghilangkan panu secara bertahap. Caranya cukup mudah yaitu dengan menempelkan belimbing wuluh yang sudah diparut pada daerah kulit yang terkena panu.

6. Mencegah hipertensi

Belimbing wuluh sudah digunakan oleh masyarakat tradisional untuk membantu dalam mengobati tekanan darah tinggi. caranya cukup mudah, rebus 3 buah belimbing dengan 2 gelas air sampai menjadi 1/2 gelas. lalu minum setiap hari 1 kali sampai tekanan darah berkurang.

7. mengatasi sariawan

Memang pasti teras sangat perih apabila dioleskan pada daerah yang terkena sariawan. Namun banyak yang percaya bahwa ia efektif untuk menghilangkan sariawan secara cepat.

Dan mungkin masih banyak lagi manfaat serta khasiat belimbing wuluh, yang pada jaman dahulu masyarakarat tradisional belum terlalu mengenal pengobatan secara medis kedokteraan. Tapi masyarakat menjadikan kebun dan hutan sebagai supermarket dan apotik mereka

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *